selain produk yang berkualitas pelaku usaha harus menerapkan budaya ini |
Lungbi - selain produk yang berkualitas pelaku usaha harus menerapkan budaya ini
Memberikan produk terbaik bagi konsumen adalah komitmen setiap pengusaha untuk membuat pelanggannya senang. Dengan memberikan produk terbaik bagi konsumen maka dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk anda.
Selain memberikan produk yang berkualitas, agar dapat bersaing mendapatkan loyalitas konsumen, sebuah bisnis semestinya menerapkan budaya melayani. Namun sayangnya, banyak pelaku usaha yang masih mengabaikan hal ini. Lantas apa yang harus dilakukan pengusaha dalam menerapkan budaya melayani ini?
1. Sosialisasi budaya melayani
Sebagai leader dalam bisnis, Anda harus mampu mensosialiasikan budaya melayani ini ke semua karyawan Anda. Bekerja dengan baik sesuai prosedur belumlah cukup jika tidak dibarengi dengan memberikan pelayanan yang baik. Karena dengan memberikan pelayanan yang baik yang dilakukan dengan sepenuh hati akan memberikan hasil yang maksimal.
2. Konsisten dalam penerapan budaya melayani
Ketika budaya melayani ini sudah mulai berjalan di organisasi anda, maka tugas selanjutnya adalah mempertahankan untuk tetap konsisten dalam penerapannya. Jangan sampai budaya yang sudah susah payah dibangun ini hancur begitu saja.
3. Sosialisasi visi dan misi dalam pelayanan konsumen
Sampaikan visi dan misi tersebut pada semua orang yang ada dalam organisasi anda. Tekankan bahwa pelayanan yang baik sangat dibutuhkan untuk mempertahankan konsumen. Karena dari konsumenlah sebuah usaha dapat berjalan.
4. Reward bagi The Best Employee
Jika karyawan sudah melakukan atau mengimplementasikan budaya melayani ini dengan baik, tidak ada salahnya jika owner memberikan reward. Reward, meskipun sederhana namun bisa menjadi pemacu semangat karyawan. Selain itu juga sebagai cara anda melayani mereka para karyawan. Dengan demikian karyawan akan semakin memahami arti dari memberikan layanan yang maksimal pada konsumen.
Tanyakan pada beberapa konsumen anda mengenai ekspektasi standar layanan yang diinginkan. Masukan dari konsumen ini menjadi input yang sangat penting sebagai dasar menentukan standar layanan pada konsumen.
Dengan menerapkan budaya melayani dalam usaha diharapkan dapat memenuhi standar layanan seperti yang diharapkan oleh konsumen. Jika konsumen merasa diperhatikan dan diangggap sebagai bagian yang penting, maka tidak menutup kemungkinan loyalitasnya akan meningkat pula.
Dengan menerapkan budaya melayani dalam usaha diharapkan dapat memenuhi standar layanan seperti yang diharapkan oleh konsumen. Jika konsumen merasa diperhatikan dan diangggap sebagai bagian yang penting, maka tidak menutup kemungkinan loyalitasnya akan meningkat pula.
sumber : laruno
Ingin artikel ,berita dan iklan anda di muat dan di share kirim email ke iklung88@gmail.com
Salam alunglung™
alunglung™ tidak pernah menyarankan untuk berjudi.( hanya sebagai bahan referensi)
Terima kasih atas saran dan masukannya.semua saran dan kritikannya sangat membantu
NB : isi di luar tanggung jawab penulis
penulis tidak pernah menyarankan untuk berjudi ( hanya sebagai bahan referensi )
0 komentar:
Posting Komentar